Rumus Excel Menghitung Hasil Setelah di Diskon


Berikut adalah rumus excel sederhana untuk menghitung hasil akhir sebuah transaksi setelah di potong oleh suatu diskon/potongan (dalam jumlah persen%) yang diberikan oleh penjual yang dikarenakan kita membeli dalam jumlah banyak.


Contoh, Syarat yang diberikan:


Dalam syarat tersebut kita harus mencari hasil kolom yang ada warna kuning nya.

Langkah 1:


Pada sel D2 kita buat rumus seperti di atas, lalu tekan enter. (Dengan logika mencari harga totaladalah dengan cara mengalikan harga satuan dengan jumlah barang)

Langkah 2:


Tarik ke bawah fill handle nya seperti contoh di atas.

Langkah 3:


Untuk kolom Potongan sel F2 rumus nya seperti di atas lalu tekan enter sampai keluar hasilnya, lalu tarik kebawah seperti langkah 2. (Dengan logika rumus mencari nominal potongan adalah dengan mengalikan harga total dengan diskon%)

Langkah 4:


Untuk menghitung kolom total bayar, kita bisa pakai rumus seperti di atas, dengan logika: Untuk mencari total bayar, kita harus menghitung Harga total di kurangi potongan, nanti ketemu hasil untuk Total Bayar. Setelah rumus di sel G2 di bikin seperti di atas, lalu tekan enter, dan tarik ke bawah seperti langkah 2.

Langkah 5:


Sampai sini kita sudah dapat hasilnya, dan apa yg saya lakukan selanjutnya adalah merapihkannya dan memberi lambang Rupiah (Rp), caranya blok semua yg mau di tambahkan lambang Rp

Setelah di blok, klik tombol di ribbon menu seperti di atas ini, setela itu hasilnya akan seperti ini:


Gimana? Bagus kan? :-)


Klo masih bingung komen aja di sini, nanti saya coba bantu sebisanya 

1 Komentar

  1. makasih ilmu nyaa .. ^^/ bermanfaat banget bagi yang ga begitu "dekat" dengan exel ..

    BalasHapus

Pengunjung yang baik, silahkan beri komentar yang baik dan positif
Terima kasih atas kunjungan anda