Preface Tutorial Autocad Semua Versi



Belajar Autocad 2006,2007,2008,2009,2010,2011,2012, sampai autocad 2013. Untuk belajar dan menguasai autocad sebelumnya anda harus menguasai windows atau aplikasi seperti office. Ada beberapa orang yang belum bisa membedakan mana itu menu bar, toolbar, cara klik kanan, dan semacamnya dalam pengoprasian windows atau aplikasi seperti ms.office. Sangatlah penting bagi anda dasar-dasar autocad berikut ini :
klik gambar untuk memperbesar


A.    Title Bar
Judul file yang sedang aktif atau yang anda sedang kerjakan. 

B.    Menu Bar
Perintah standard seperti program-program pada umumnya seperti ms.office yang berisi menu file, edit, view, insert,format, tools, Draw, Dimension, Modify, Window, Help, Express.

C.    Standard Toolbar
Toolbar yang berisi icon shortcut yang menuju pada perintah di dalam menu bar.

D.    Layer Toolbar
Fungsi toolbar ini antara lain : membuat layer, mengunci layer, menyembunyikan layer, dan memilih layer yang aktif atau tidak aktif.

E.    Flyout Toolbar
Toolbar ini meliputi : UCS, Dimension, Insert, secara default akan tampil di tengah area kerja serta toolbar ini merupakan toolbar bebas yang dapat dipindahkan.
Untuk memanggil flyout toolbar anda bisa melakukan langkah ini :
Klik kanan standard toolbar – selanjutnya muncul opsi flyout toolbar lalu pilih toolbar yang anda ingin gunakan (tanda ceklis merupakan tanda untuk toolbar yang sudah aktif).


F.    Cross Hair Cursor
Untuk mengatur besar kecilnya alat tulis atau bisa dinamakan dengan pensil kerja autocad dalam area kerja. Untuk mengaturnya anda bisa gunakan command op lalu pilih menu tab display, kemudian sorot ke bawah kiri pada kotak dialog option Crosshair Size.


G.    UCS Icon
Sumbu X, Y, Z pada sudut kiri bawah area kerja autocad.

H.    Command Prompt
Elemen yang menampilkan perintah-perintah kerja dalam bentuk script. Perintah yang anda masukkan dapat ditampilkan melalui autocad text window dengan cara tekan tombol F2 pada keyboard anda.

I.    Command Window
Elemen yang menampilkan perintah-perintah kerja dalam bentuk script. Perintah yang anda masukkan dapat ditampilkan melalui autocad text window dengan cara tekan tombol F2 pada keyboard anda.

J.    Model-Layout Mode
Panel yang membantu anda berpindah dari model space ke layout space secara cepat.

K.    Status Bar
Memuat informasi mengenai posisi kursor pada kordinat x,y,z yang selalu bergerak pada area kerja.

L.    Drawing Area
Tempat anda untuk menggambar object dan melakukan perintah-perintah pada object. 

M.    Scrool Bar
Untuk mengeser ke bawah atau ke atas dan ke samping kanan atau kiri seperti layaknya pengoprasian aplikasi lain pada umumnya.

0 Komentar