Belajar Rumus IF di Excel 2010 Part II

Setelah pada postingan sebelum nya kita belajar contoh sederhana dariBelajar Rumus IF di Excel 2010, selanjutnya yuk mari kita lanjutkan untuk belajar rumus if ke part II atau yang tingkat lebih tinggi :).



Untuk tutorial langkah langkahnya kita langsung ubah aja rumus di formula bar nya, seperti gambar di bawah ini:



Sedangkan untuk data nya kita tetap masih pakai yang lama, seperti ini:


Coba mainkan rumus bar yang seperti contoh gambar di atas tadi dengan contoh rumus yang lain, seperti ini:
  1. =IF(A2=15; "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A2 sama dengan 15; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Benar")
  2. =IF(A2<>15; "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A2 tidak sama dengan/selain 15; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah") (*mengapa? karena angka di sel A2 adalah 15 maka jawabannya "Salah", karena yg kita cari adalah angka selain 15, kalau contoh angka di sel A2 selain angka 15 maka jawabannya adalah "Benar")
  3. =IF(NOT(A2<=15); "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A2 adalah bukan lebih kecil atau bukan sama dengan 15; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah")
  4. =IF(A5<>"SPROCKETS"; "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A5 tidak sama dengan/selain "SPROCKETS"; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah")
  5. =IF(AND(A2>A3; A2<A4); "Benar"; "Salah") adalah: Jika 15 adalah lebih besar dari 9 dan lebih kecil dari 8; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah")
  6. =IF(AND(A2<>A3; A2<>A4); "Benar"; "Salah") adalah: Jika 15 tidak sama dengan/selain 9 dan 15 tidak sama dengan/selain 8; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Benar")
  7. =IF(OR(A2>A3; A2<A4); "Benar"; "Salah") adalah: Jika 15 lebih besar dari 9 atau kurang dari 8; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Benar")
  8. =IF(OR(A5<>"Sprockets"; A6<>"Widgets"); "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A5 tidak sama dengan "Sprockets" atau "Widgets"; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah")
  9. =IF(OR(A2<>A3; A2<>A4); "Benar"; "Salah") adalah: Jika 15 tidak sama dengan/selain 9 atau 15 tidak sama dengan/selain 8; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Benar")

0 Komentar